Ikhlas

                           


              Kalian pasti sudah sering dengar kata ikhlas bukan???, di kehidupan yang sering kita jumpai pasti kata-kata ini sering diucapkan ataupun di dengarkan. Tapi apakah kalian tau makna ikhlas yang sebenarnya , aku jelasin pengertiannya dulu ya  pengertian ikhlas secaraa umum adalah  "mengerjakan suatu pekerjaan atau kebaikan hanya berharap akan ridho Allah Swt. "
           Jadi, walaupun tidak mendapatkan imbalan dari seseorang, tetapi ia akan terus melakukan perbuatan kebaikan itu dan hanya mengharapkan ridho Allah Swt. Ya seperti itulah ikhlas menurut istilah kalau menurut aku ikhlas itu adalah mengerjakan sesuatu secara sukarela tanpa paksaan dari siapapun dan hanya ingin mendapatkan ridho Allah SWT. Perilaku ini harus kita miliki dalam setiap aktivitas kita sehari-hari memang tidak mudah tapi kita bisa melatihnya , kalian pasti pernah merasakan kalau mengerjakan segala sesuatu dengan ikhlas itu akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian dalam hati rasanya adem sekali tidak ada yang bisa menandingi perasaan ketenangan  mau itu dengan harta,kekuasaan ataupun yang bersifat duniawi . Jujur menjelaskan teori ikhlas itu mudah diucapkan kepada siapapun itu mudah yang paling sulit mempraktekkannya aku kasih contoh : ketika kalian infaq 50 ribu perhari Aamiin tidak ada yang tau satu orang pun disaat ada teman kalian yang berinfaq 20 ribu dan kalian ada disanan teman kalian bertanya "kok, kamu ga infaq??"
rasanya kalian ingin bilang kalian sudah infaq 50 ribu tapi teman kalian aja yang gak tau sebenernya kalau kalian kasi tahu jadinya itu sombong dan gak jadi ikhlas , tapi teman kalian tetep aja ngomong kaya gitu akhirnya kalian gak bisa nahan emosi akhirnya keluarlah kalimat dari mulut kalian bahwa kalian infaq 50 ribu setiap hari dan bilang ke temannya baru infaq 20 ribu udah sombong langsunglah pahala kalian habis saat itu juga .
         Berat memang menerapkan sifat ikhlas ini aku juga kesulitan dalam menerapkan tapi kalian harus bisa yaa belajar pelan pelan sifat ikhlas ini karena sifat ini salah satu sifat yang dicintai Allah SWT . Apapun yang kalian lakukan harus ikhlas ya hanya mengharapkan ridho Allah SWT , suka ada yang bertanya saat "katanya ga boleh mengharapkan imbalan tapi kok mengharapkan ridho Allah SWT ??"  jujur sebenernya aku juga baru tahu jawabannya jadi jawabannya gini" Allah SWT itu sangat suka dengan hambanya yang meminta apapun kepadanya mau itu ridho,harta apapun itu Allah SWT sangat suka itu jadi kalau ada hamba yang tidak meminta apapun kepadanya mau itu ridho -Nya ataupun yang lain Allah SWT sangat tidak suka bisa dibilang hamba itu dibilang sombong . Tapi, kalau kita mengharapkan imbalan ,pujian dan dipandang orang lain itu baru tidak boleh dalam bersifat ikhlas nantinya akan timbul di hati kita penayakit hati ujub dan nanti bakal ada penyakit sombong , kalau ada orang lain yang lebih baik darinya nanti timbul penyakit iri dan terus menerus akan menimbulkan penyakit hati lainnya."
       
 Gitu yaa teman-teman aku juga ada beberapa tips untuk bisa memiliki sifat ikhlas
  • Niat itu sudah pasti 
  • Meyakini bahwa jika kita ingin meraih ridho Allah SWT kita akan mendapatkan nikmat yang luar biasa mau di dunia ataupun diakhirat 
  • Kalau melakukan kebaikan lebih baik jangan diceritakan kepada siapapun ya  agar hati kita terus terjaga.
  • Rendah hati.
  • Berdoa sama Allah kalau kita mau melakukan segala sesuatunya dengan ikhlas.

    Sekian dulu yaa semoga bermanfaat mohon maaf kalau ada sesuatu yang keliru kalian bisa ceritakan kisah kalian di komentar yaa , sampai juga di blog selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anime Bertemakan Kebebasan, One Piece ! Inilah Karakter yang Menyukai Kebebasan Di Anime One Piece, Salah Satunya Tentu Saja Sang Pemeran Utama

Goals atau Impian

Bingung menjadi Berdaya? Ini Tips  menjadi Perempuan Berdaya